Sedekah: Investasi Produktif Seumur Hidup

Bagaimana jika saya memberi tahu Anda tentang tawaran di mana Anda bisa mendapatkan produk, yang mampu menggandakan uang Anda, sekaligus hadiah tambahan? Apa yang akan Anda lakukan? Anda mungkin segera mengirim pesan kepada semua teman untuk memberi tahu mereka tentang hal itu dan kemudian bergegas ke toko untuk melakukan pembelian.

Sementara banyak dari kita cenderung mengejar penawaran khusus dan menurunkan harga di dunia ini, kita sering mengabaikan fakta bahwa Allah telah menawarkan kita kesepakatan yang lebih baik yang akan menguntungkan kita baik di dunia ini dan akhirat. Kesepakatan apa yang saya bicarakan? Itu adalah Sedekah.

Poin-poin berikut menunjukkan bagaimana tindakan mulia ini dapat meningkatkan produktivitas kita dalam kehidupan ini dan dalam mempersiapkan perjalanan hidup yang selanjutnya.

1. Sedekah adalah investasi yang dijamin.

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. [ Surat Al-Baqarah [2] Ayat 245]

Ayat di atas mengajarkan kita bahwa dengan memberi dengan ikhlas kepada yang miskin dan membutuhkan, Allah akan meningkatkan kekayaan dan berkah kita dalam kehidupan ini, menghapus dosa, meningkatkan pahala dan memberi keteduhan di hari pembalasan, insyaAllah.

Apa lagi yang bisa kita minta?

Uang kembali, keuntungan, kesehatan yang baik, berkah (berkah) dalam kekayaan kita, naungan pada hari penghakiman, sedekah jelas merupakan investasi terbaik untuk dunia kita dan akhirat.

Seorang Muslim yang produktif tahu cara terbaik untuk membelanjakan hartanya di jalan Allah.

2. Sedekah adalah sarana untuk mendapatkan berkah dalam harta Anda.

Mungkin sulit bagi kita untuk memberikan sedekah ketika kita hampir tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup kita. Namun, disebutkan dalam Sahih Muslim bahwa Nabi Shalallahu Alaihi Wasalam berkata:

عن أبي هُريرة رضيَ اللَّهُ عنه أَنَّ رسولَ اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قال : « مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ ، وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْداً بِعَفْوٍ إِلاَّ عِزّاً ، وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ للَّهِ إِلاَّ رَفَعَهُ اللَّهُ عَزَّ وجلَّ » رواه مسلم .

Dari Abu Hurairah r.a. bahawasanya Rasulullah bersabda: “Tidaklah sesuatu pemberian sedekah itu mengurangi banyaknya harta. Tidaklah Allah itu menambahkan seseorang akan sifat pengampunannya, melainkan ia akan bertambah pula kemuliaannya. Juga tidaklah seseorang itu merendahkan diri kerana mengharapkan keredhaan Allah, melainkan ia akan diangkat pula darjatnya oleh Allah ‘Azzawajalla.

Jika kita benar-benar percaya dan menerapkan hadis ini, kita akan belajar bahwa kita tidak pernah kehilangan jika memberi sedekah, tetapi sebaliknya kita mendapatkan banyak sekali manfaat darinya.

Namun, memperoleh manfaat dari sedekah mungkin tidak selalu dalam bentuk fisik. Ketika kita memberi sedekah, tidak berarti bahwa gaji kita akan meningkat atau akan secara ajaib tersandung tambang emas. Bisa berarti bahwa Allah akan menempatkan berkah ke dalam kekayaan dan harta kita sebagai gantinya. Dengan secara teratur memberikan sedekah, kita akan segera menyadari bahwa meskipun kita rajin bersedekah, kami masih memiliki banyak sisa, insyaAllah.

Memberikan sedekah juga dapat menempatkan berkah dalam usia dan keperluan kita. Kita mungkin pernah mengalami bahwa setelah memberikan sedekah, Allah akan meringankan semua urusan kita.

3. Sedekah berfungsi sebagai sarana menuai pahala terus menerus setelah kematian Anda.

Ketika kita bekerja untuk sesuatu yang akan memberi kita manfaat dalam kehidupan duniawi ini (misalnya promosi jabatan, dll.), kita cenderung menghabiskan banyak waktu, usaha, dan terkadang uang untuk mencapai tujuan itu.

Seorang Muslim yang produktif melakukan hal yang sama untuk akhirat. Dia menginvestasikan waktu, kerja keras dan uang dalam kegiatan yang akan membawa pahala besar, dan ibadah yang akan terus menguntungkannya bahkan setelah kematian.

Mengapa tidak menginvestasikan uang untuk membangun masjid, menggali sumur, membuka sekolah, menanam pohon atau bentuk lain dari sedekah jariyah (amal tanpa henti)?

Subhanallah. Bayangkan pahala yang Anda temukan untuk Anda di akhirat, mungkin itu akan membawa Anda ke tempat yang sangat mulia Jannah karena kasih sayang Allah.

Sedekah adalah tawaran khusus dari Allah yang ada selama kita hidup. Jadikan sedekah sebagai kebiasaan produktif dalam Ramadhan ini, dan kebiasaan sepanjang hidup Anda sebelum terlambat!

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ (133) الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ (134) “Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Ali Imron [3] : 133-134)

Semoga Allah, Yang Maha Pemurah, menggolongkan kita termasuk dari orang-orang yang memberikan sedekah secara teratur dan semoga Dia menerimanya dari kita. Amiin.

diterjemahkan dengan perubahan seperlunya dari aboutislam.net

Rahmadi

Rahmadi

kontributor, karyawan swasta, penerjemah freelance
share on: