Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa 17 Mei, Lebaran 15 Juni

JAKARTA, muslimdaily.net – Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadan 1439 Hijriyah jatuh pada Kamis 17 Mei 2018.

Keputusan tersebut merujuk pada hasil perhitungan astronomi atau hisab yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

“Dengan sistem hisab, kita bisa mengetahui secara jelas dan pasti awal bulan dan hitungan kalender bukan hanya setahun dua tahun ke depan, bahkan puluhan tahun ke depan,” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, kepada wartawan, Selasa (13/3/2018), demikian lansir lampung.muhammadiyah.or.id.

Selain menetapkan awal puasa, Muhammadiyah juga sudah menetapkan hari besar lainnya. PP Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1439 Hijriah atau Idul Fitri 2018 jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018. Selanjutnya, Idul Adha 10 Dzulhijah jatuh pada Rabu, 22 Agustus 2018. Penetapan hari-hari besar ini sudah diteken dalam maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2018 yang ditandatangani Haedar dan Sekjen Muhammadiyah Abdul Mu’ti.

Haedar berharap, maklumat tersebut bisa menjadi panduan bagi warga Muhammadiyah.

“Masyarakat maju dan modern memerlukan kepastian tanggal untuk berbagai keperluan sehingga jelas dan tidak menunggu H-1,” kata Haedar.

Rahmadi

Rahmadi

kontributor, karyawan swasta, penerjemah freelance
share on: