Menlu Turki: KTT OKI Akan Kirim Pesan Kuat Soal Al Quds

ISTANBUL, muslimdaily.net – KTT Organisasi Kerjasama Islam (OKI) akan mengirim sebuah “pesan kuat” mengenai keputusan Amerika Serikat mengenai Yerusalem atau Al Quds, kata Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu pada hari Selasa.

Berbicara kepada seorang penyiar TV dalam sebuah wawancara langsung, Cavusoglu mengatakan bahwa sebuah pertemuan puncak Islam di Istanbul akan berfokus pada keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, demikian lansir worldbulletin.net.

OKI akan mengadakan pertemuan darurat Rabu ini guna membahas perkembangan regional baru-baru ini, terutama berkaitan dengan Al Quds.

Pekan lalu, Trump mengumumkan keputusannya untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan akan memindahkan Kedutaan Besar AS ke kota itu.

“Kami sedang mengerjakan Deklarasi Istanbul,” kata Cavusoglu, mencatat bahwa sebuah deklarasi bersama akan diumumkan setelah pertemuan yang akan “menolak keras” langkah AS.

Dia menggarisbawahi bahwa KTT OKI juga akan menyerukan kepada negara-negara yang belum mengakui negara Palestina untuk memberikan pengakuan.

“Keputusan yang diambil oleh Amerika Serikat akan ditolak dengan kuat. Sebuah negara seperti AS seharusnya tidak jatuh ke dalam situasi ini. Kami akan mengharapkan AS untuk kembali dari kesalahan ini. Keputusan ini akan tidak diakui, ” kata Cavusoglu.

Menteri luar negeri Turki mencatat bahwa Ankara telah mengakui Palestina sebagai negara dengan Yerusalem atau Al Quds sebagai ibukotanya.

 

Rahmadi

Rahmadi

kontributor, karyawan swasta, penerjemah freelance
share on: