Hasil Sidang Isbat, 1 Ramadhan Jatuh Pada Hari Kamis 17 Mei 2018

JAKARTA, muslimdaily.net – Pemerintah menetapkan tanggal 1 Ramadhan 1439 Hijriah jatuh pada hari Kamis 17 Mei 2018. Keputusan ini berdasarkan sidang isbat di kantor Kementerian Agama (Kemenag) pada hari Selasa malam yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin Jakarta, demikian lansir kemenag.go.id.

Menag menerima paparan anggota tim hisab rukyah Kementerian Agama yang melakukan pemantauan di Planetarium Jakarta.

Selain itu Menag juga menerima paparan posisi hilal dari pemantau yang tersebar di 33 provinsi. Usai menerima paparan, Menag memimpin sidang isbat secara tertutup seusai halat magrib. Ada 95 lokasi pemantauan hilal.

“Dilakukan pemantauan 95 titik yang tersebar di seluruh wilayah nusantara. Dari 95 titik ada 32 pelaku ruyatul hilal yang melaporkan kesaksian mereka, dan tak satupun yang berhasil melihat hilal,” kata Menag.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, 1 Ramadhan jatuh pada hari Kamis, 17 Mei 2018,” ujar Menag setelah mendengar pandangan dari MUI dan pimpinan ormas Islam yang hadir pada sidang Isbat tersebut menyepakati untuk mengistikmalkan (menyempurnakan) bulan Sya’ban menjadi 30 hari sehingga tanggal 1 Ramadan 1439H jatuh pada hari Kamis tanggal 17 Mei 2018.

Rahmadi

Rahmadi

kontributor, karyawan swasta, penerjemah freelance
share on: