Hampir 1 Juta Tentara Muslim Terlibat Dalam Perang Dunia 1

MANCHESTER, muslimdaily.net – Markas besar kepolisian Manchester menyelenggarakan sebuah pameran yang merayakan perpanjangan kontribusi besar umat Islam selama Perang Dunia 1, yang mengungkapkan bahwa jumlah tentara Muslim yang berperang di Perang Dunia I lebih dari dua kali lipat jumlah yang dilaporkan sebelumnya.

“Temuan yang saya buat dalam pameran ini hanyalah satu bagian dari sejarah. Bagian lainnya adalah dampak temuan terhadap masyarakat yang berbeda, terutama mengingat kejadian baru-baru ini yang berisiko membagi kita,” kurator pameran Dr Islam Issa, Dosen Sastra Inggris di Birmingham City University, berbicara kepada anggota kepolisian saat peluncuran , Asian Image melaporkan pada hari Kamis 13 Juli, demikian lansir aboutislam.net.

“Sangat meyakinkan untuk melihat polisi mengambil langkah proaktif untuk terlibat dengan sejarah dan pengalaman masyarakat Muslim. Kemitraan semacam itu bisa berjalan lama dalam membangun dan mempertahankan kepercayaan. Menampilkan pameran ini di markas besar Polisi Greater Manchester menyajikan kesempatan bagi individu-individu yang memiliki kekuatan untuk melihat pengorbanan pribadi yang dilakukan umat Muslim untuk negara-negara Eropa 100 tahun yang lalu.”

Pameran ‘Stations of Sacrifice’ sudah pernah dibuka di Pusat Warisan Muslim Inggris di Manchester tahun lalu.  Setelah berbicara pada saat peluncuran, Kepala Polisi Polisi Ian Hopkins telah meminta sebuah versi mobile dari pameran tersebut dipasang di lobi di markas besar Polisi Greater Manchester.

Setelah meneliti cerita sejarah, dokumen dan artefak, Dr Issa menemukan bahwa setidaknya 885.000 tentara Muslim direkrut untuk usaha perang, lebih dari dua kali lipat jumlah 400.000 yang dilaporkan sebelumnya.

Temuan penelitian juga membuktikan bahwa 1,5 juta orang India dan 280.000 orang Aljazair, Maroko dan Tunisia berjuang untuk Sekutu selama perang, bersama tentara lain yang direkrut dari wilayah lain di Afrika.

Hampir 3.7 juta ton persediaan pangan dan lebih dari 170.000 hewan dikirim dari India untuk mendukung usaha perang tersebut.

“Pameran ini telah menjadi langkah yang sangat penting dalam menyoroti kontribusi tentara Muslim selama Perang Dunia Pertama. Lebih penting lagi, ini telah menunjukkan persatuan lama antara beragam komunitas dari seluruh dunia,” kata Nasar Mahmood, Ketua Pusat Warisan Muslim Inggris. Kami senang bahwa Polisi Greater Manchester meminta agar pameran tersebut ditempatkan di markas mereka sebagai simbol kekuatan kolektif kita, keragaman Inggris dan pengorbanan tentara (muslim).

Rahmadi

Rahmadi

kontributor, karyawan swasta, penerjemah freelance
share on: