Erdogan: Israel Lakukan Teror Pada Rakyat Gaza

ISTANBUL, muslimdaily.net – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuduh Israel melakukan “teror negara” dan “genosida”, demikian menurut kantor berita Anadolu Agency yang dikelola pemerintah, setelah pemerinta Turki mengumumkan tiga hari berkabung nasional atas pembunuhan puluhan warga Palestina di Gaza.

“Israel melancarkan teror negara. Israel adalah negara teror,” kata Erdogan kepada mahasiswa Turki selama kunjungan di ibukota Inggris, London, demikian lansir aljazeera.com.

“Apa yang telah dilakukan Israel adalah genosida. Saya mengutuk drama kemanusiaan ini, genosida, dari sisi mana pun itu datang, Israel atau Amerika,” tambahnya.

Ribuan orang sebelumnya melakukan aksi di pusat kota Istanbul untuk mengecam pembunuhan rakyat Gaza ketika AS memindahkan kedutaan Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Ankara telah menarik duta besarnya di Tel Aviv dan Washington untuk konsultasi, menurut Wakil Perdana Menteri Turki dan juru bicara pemerintah Bekir Bozdag.

Turki juga menyerukan pertemuan darurat Organisasi Kerjasama Islam (OKI) pekan ini, kata Bozdag, berharap itu akan diadakan pada hari Jumat.

Rahmadi

Rahmadi

kontributor, karyawan swasta, penerjemah freelance
share on: