AS Buka Kedutaan Di Yerusalem, Pasukan Israel Bantai Rakyat Gaza

GAZA, muslimdaily.net – Setidaknya 58 warga Palestina meninggal dunia pada hari Senin di Gaza dan lebih dari 2.700 lainnya terluka ketika tentara Israel menembakkan peluru tajam, gas air mata, dan bom api ke arah para demonstran yang berkumpul di beberapa titik di dekat pagar perbatasan dengan Israel.

Demonstrasi, yang bertepatan dengan protes terhadap pembukaan kedutaan AS di Yerusalem, adalah bagian dari gerakan berminggu-minggu yang menuntut hak untuk kembali bagi para pengungsi Palestina ke tanah air mereka yang secara paksa diusir dari tahun 1948.

Sejak protes dimulai pada 30 Maret, pasukan Israel telah menewaskan sedikitnya 107 warga Palestina di Jalur Gaza dan melukai sekitar 12.000 orang, demikian laporan aljazeera.com.

Protes itu datang menjelang peringatan tahunan Nakba, atau “malapetaka”, ketika negara Israel yang didirikan pada 15 Mei 1948, dalam kampanye kekerasan yang menyebabkan pengusiran ratusan ribu warga Palestina dari desa-desa mereka.

Kementerian Kesehatan Palestina pada hari Senin mengeluarkan seruan mendesak untuk pasokan medis karena kekurangan obat-obatan yang disebabkan oleh meningkatnya korban di antara demonstran Palestina.

Dalam pernyataan singkat, kementerian itu mengatakan bahwa rumah sakit dan klinik kesehatan Gaza sekarang dengan susah payah berusaha mengobati ratusan orang yang terluka oleh tembakan tentara Israel.

Rahmadi

Rahmadi

kontributor, karyawan swasta, penerjemah freelance
share on: